Kiat membaca nyaring
Guru secara aktif terlibat memberikan pengajaran teknik membaca dengan ekspresi dan intonasi yang tepat.
“Buku-buku yang relevan dengan kurikulum dan kepentingan anak didik membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan berbicara siswa,” ucap Julia.
Ia memberikan kiat, ketika Membaca Nyaring sisipkan proses interaksi dengan pendengar dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan. Cara ini mengajak anak berpikir serta memahami cerita yang dibacakan.
“Fokus Membaca Nyaring adalah buku. Jadi, anak yang sedang dibacakan buku boleh memegang buku tersebut. Jangan takut buku rusak,” ucapnya.
Baca Juga: Peringkat Daya Saing Indonesia Naik ke-27 di Dunia, Kalahkan Malaysia, Jepang, dan Inggris
Sedangkan bagi pustakawan, penyediaan akses yang mudah, murah, dengan koleksi bacaan yang bervariasi dan menarik merupakan bagian dari tanggung jawab.
Di luar dari tugas rutinitasnya, pustakawan dapat berperan sebagai mentor yang membimbing siswa ketika memilih buku yang sesuai dengan minat bacanya.